Find Your Passion & Contribute

Begitu judul ceramah ustad Nouman Ali Khan yang hari ini masuk jadwal saya. Pembahasannya dimulai dari nukilan QS Al Maidah ayat 2 tentang perintah Allah utk ta’awun. Istilah ta’awun sendiri diartikan sebagai bekerja sama, yang dalam bahasa arab lebih spesifik ke kerja bersama secara serius pada bidang yang tertentu. Ayat ini menekankan kerjasama yg diperintahkan Allah adalah dalam birr, yg artinya kebaikan, apapun yg baik.

Dalam ceramah ini Ustad Nouman menekankan ada banyak proyek dalam Islam, yang bervariasi sesuai kebutuhan masyarakat. Salah satu contoh adalah proyek edukasi anak, yang bisa terdiri dari ratusan proyek kecil. Bagaimana mengedukasi anak-anak tentang Quran, sejarah, sains, adab & karakter. Atau proyek kenseling untuk anak muda, untuk keluarga dll

Untuk itulah kita harus mampu mengidentifikasi kontribusi apa yang bisa kita lakukan dan kekuatan apa yang kita punya untuk berkontribusi. Pahami apa bakat yang kita miliki, pengalaman yang mendukung atau latar belakang pendidikan yang bermanfaat utk Islam. Carilah apa yang paling kita suka, kemudian mari bekerja sama dalam kebaikan.


Indah Widyastuti (Orang Tua Shofiya Izzati Budiyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *