Sekolah Alam Bengawan Solo Mendidik Siswa Mandiri

Klaten – Sekolah Alam Bengawan Solo Taruna Teladan di Dukuh Panjangan, Desa Gondangsari, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten terus berkomitmen menjadikan anak didiknya sebagai siswa yang mandiri.

Di sekolah alam ini terdiri dari tiga sekolah yakni Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD). Konsep pembelajarannya para siswa dibebaskan bereksplorasi, bereksperimen, berekspresi tanpa dibatasi sekat dinding dan berbagai aturan yang mengekang rasa ingin tahu mereka.

“Konsep pembelajarannya, siswa dibebaskan menjadi diri mereka dan mengembangkan potensi dirinya untuk tumbuh menjadi manusia yang berkarakter, berakhlak mulia, berwawasan ilmu pengetahuan,mandiri dan siap menjadi pemimpin,” ujar Kepala SD Sekolah Alam Bengawan Solo Taruna Teladan, Jefri Nur Arifin, Sabtu (26/5).

Selain itu, kata Jefri, sekolah ini juga membebaskan para guru untuk berkreasi dalam mengajar. Kreativitas guru tidak dibatasi oleh buku paket dan target nilai. Sehingga guru tidak sekedar mengjar saja, tapi mendidik.

“Guru tidak hanya sebagai panutan, tapi juga bisa menjadi teman. Sehingga guru yang memiliki dedikasi tinggi dan beridealisme akan mampu mengenali kelebihan dan kekurangan anak didiknya. Sehingga guru benar-benar paham dengan karakter masing-masing murid,” jelas Jefri.

Sebagai sekolah berbasis komunitas, kurikulum di sekolah alam ini mengacu standar kompetensi yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) dan menjadikan alam sebagai media belajar dalam rangka pembentukan karakter anak.

“Kurikulum ini diintegrasikan dengan pengalaman yang distrukturkan yang didapat siswa di alam melalui metode spider web,” imbuh Jefri.

Sumber : http://www.timlo.net/baca/29332/sekolah-alam-didik-siswa-mandiri/

2 tanggapan pada “Sekolah Alam Bengawan Solo Mendidik Siswa Mandiri

Tinggalkan Balasan